PENGERTIAN KOMPUTER
pada dasarnya kata komputer ini berasal dari kata " TO COMPUTE" yang artinya menghitung. Jadi pada umumnya komputer disebut sebagai mesin hitung.Tetapi pengertian komputer, bukan hanya sekedar alat hitung saja. Tetapi komputer juga merupakan suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal(tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan operating system menurut program-program yang diberikan kepadanya.
Jadi bila diperhatikan definisi komputer tersebut mempunyai empat hal penting yang harus ada pada suatu komputer yaitu:
1. Alat pendukung elektronika
2. Storage internal
3. Sistem Operasi
4. Program.
PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari tentang:
PENGERTIAN TOPOLOGI
PERBANDINGAN ANTARA IPv4 DENGAN IPv6
http://cari-bagi.blogspot.com/2012/02/perbandingan-ipv4-dan-ipv6-jaringan_13.html
pada dasarnya kata komputer ini berasal dari kata " TO COMPUTE" yang artinya menghitung. Jadi pada umumnya komputer disebut sebagai mesin hitung.Tetapi pengertian komputer, bukan hanya sekedar alat hitung saja. Tetapi komputer juga merupakan suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal(tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan operating system menurut program-program yang diberikan kepadanya.
Jadi bila diperhatikan definisi komputer tersebut mempunyai empat hal penting yang harus ada pada suatu komputer yaitu:
1. Alat pendukung elektronika
2. Storage internal
3. Sistem Operasi
4. Program.
2. APA PERBEDAAN HARDWARE DAN SOFTWARE ?
Hardware komputer atau
perangkat keras computer dan juga dapat diartikan sebagai peralatan
pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat
dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
· Perangkat masukan (Input device)
Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun
gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard,
mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
· perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
· Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat
pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi
unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga
mikroprosesor.
Macam-macam perangkat keras (hardware):
1. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan
alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit
yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard
merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya
terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
5. Printer
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
6. CD ROM
Alat
tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan
program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu
menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.
7. Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
8. Floppy Disk
Floppy
disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam
disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5
inchi.
9. Hardddisk
Harddisk
merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang
dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat
dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat
ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai
penyimpan sistem operasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner
merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik
dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan
digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
SEDANGKAN.....
Software
atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatu
instruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapat
menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut
ditulis dalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak
dalam penggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)
Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:
1. Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a. Sistem operasi
Perangkat
sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatu
perangkat komputer.Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang
menjembatani antara pengguna dan perangkat keras.Ada beberapa jenis
sistem operasi di antaranya Windows, DOS, Linux, dan lain
sebagainya.Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem
operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
Merupakan
suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang
dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format
disket,periksa sistem, dan sebagainya.
c. Bahasa pemrograman
Merupakan
suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifat
matematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman
bahasa BASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.
2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan
perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas
perkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan
halaman web, hingga perangkat media player,dan sebagainya.Hal ini sudah
berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi
untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan
naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.Contoh: Wordstar,
Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi
untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,
seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan
grafik.Contoh:Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super
Calc.
c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi
untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kata
atau gabungan angka dan kata.Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper,
Microsoft Access, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
d. Multimedia
Contoh
aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musik
berformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio
yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
e. Komunikasi dan Internet
Untuk
melakukan komunikasi antar computer antara dua computer atau
lebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi
internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan
messenger seperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.
f. Pendidikan dan Game
Software
untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalam bentuk
game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,
Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
g. Perancangan Gambar
Aplikasi
yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer
seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik),
Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop
(mengolah gambar), dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
h. Anti Virus
Software
untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee,
Norton Anti Virus, smadav,Avira, dan lainnya.Virus adalah software yang
dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC
Brain,Hackers, My Heart, Pepsin, Bagle, MyDoom dan lainnya.
LIHAT PADA PENJELASAN DI ATAS, KITA DAPAT MENGAMBIL KESEMPULAN BAHWA:
perbedaan antara hardware dan software itu terletak pada konsepnya masing-masing.
PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari tentang:
- Apa itu jaringan komputer yang sebenarnya?
jadi untuk memahami dan mengerti jaringan komputer itu apa. marilah kita baca bersama-sama artikel berikut ini:Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer atau peralatan elektronik lain yang saling berhubungan satu sama lain, untuk membentuk suatu kesatua sistem. Dan sekumpulan komputer yang berhubungan itu, akan memungkinkan bahwa data dan informasi yang ada itu akan bisa berpindah ke satu sel jaringan ke sel jaringan yang lain.sehigga juga dapat memungkinkan bagi para penguna untuk saling bertukar informasi dan dokumen yang dimiliki atau di dapatkan oleh masing-masing penguna.Dan sisi lain, jaringan komputer juga sebagai salah satu atau alat komunikasi yang memungkinkan bagi penguna seluruh dunia untuk saling berkomunikasi, agar dapat bisa bertukar pendapat satu sama lain.dan kurang lebih itulah sedikit pengetahuan saya mengenai pengertian jaringan komputer.
- Apa yang saja digunakan untuk membentuk suatu sistem jaringan komputer?
pada dasar jaringan komputer menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan komputer. Dan jaringan komputer juga memiliki sebuah istilah yang lebih spesifik menyebut "sel" jaringan komputer. Dan tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer minimal terdiri dari dua node sampai puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Pada saat artikel ini ditulis, jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hanya saja memang tidak semua orang mengetahui pengertian jaringan komputer itu sendiri. Padahal hampir di setiap perusahaan besar terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. dan lain pihak internet yang sering kita gunakan adalah sebuah jaringan komputer raksasa.
- Apa fungsi dan tujuan jaringan komputer ?
Fungsi dari Jaringan adalah :
- Membagi sumber daya
Jaringan computer dapat digunakan sebagai sarana untuk membagi sumber daya. Sumber daya tersebut bisa berupa printer, atau sumber daya berupa data-data, software. Dengan adanya jaringan computer maka sumber daya dapat dikurangi
- Reliabilitas tinggi
Jaringan computer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Dengan demikian apabila computer salah satu computer rusak, data-data yang didalamnya hilang, kita masih dapat menggunaakan data yang tersimpan di computer lain.
- Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan computer,perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu printer dapat di gunakan oleh lebih dari satu computer.
- Sarana komunikas
Jaringan computer dapat dimanfaatkan untuk komunikasi misalkan memberikan pengumuman rapat kepada karyawan, jadi pimpinan tidak perlu repot mencetak pengumuman. Pimpinan tinggal mengirimkan pengumuman kepada karyawan dengan jaringan computer
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
- Membagi sumber daya, misalnya membagi printer, CPU, memori, ataupun harddisk.
- Komunikasi, misalnya e-mail, instant messanging, chatting.
- Akses informasi, misalnya web browsing. ( http://ID .wikIPedia.org/wiki/Jaringan_komputer ) Menurut Lukas, berdasarkan arah transmisinya, komunikasi data mungkin berupa simplex, half-duplex, atau full-duplex. (Lukas,2006):.
- Simplex Pada simplex, signal hanya ditransmit satu arah saja dimana satu stasiun sebagai pemancar dan yang lainnya sebagai penerima. Pada sistem ini aliran data hanya dapat terjadi ke satu arah saja.
- .Half-duplex Dalam operasi ini, kedua stasiun mungkin melakukan pengiriman, tapi tidak bisa bersamaan melainkan beroperasi gantian. Pada sistem ini aliran informasi dapat terjadi kedua arah tetapi tidak dapat bersamaan.
- Full-duplex Dalam operasi full duplex, kedua stasiun mungkin mentransmisi secara serentak. Pada sistem ini aliran dapat terjadi kedua arah pada saat yang bersamaan. Sistem ini dapat terjadi hanya menggunakan sebuah saluran komunikasi data atau dengan menggunakan dua saluran komunikasi data.
- Bagaimana menghubungkan jaringan komputer?
Untuk bisa menghubungkan komputer-komputer agar tercipta jaringan komputer, kita bisa menggunakan TCP/IP. TCP/IP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Pengertian TCP/IP adalah sekelompok protokol (protokol = kumpulan kode/angka) yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protokol TCP/IP. Karena menggunakan bahasa yang sama sehingga perbedaan jenis komputer dan sistem operasi di masing-masing komputer tidak menjadi masalah.
- Apa jenis Jaringan Komputer?
Jaringan komputer bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jaringan komputer tersebut antara lain.
1. LAN atau Local Area Network.2. MAN atau Metropolitan Area Network3. WAN atau Wide Area Network
- http://itartikel.blogspot.com/2012/04/fungsi-jaringan-komputer.html
- http://internet.artikel2.com/jaringan-komputer.htm
PENGERTIAN TOPOLOGI
Topologi Jaringan adalah susunan lintasan aliran data di dalam jaringan yang secara fisik menghubungkan simpul yang satu dengan simpul lainnya.
Berikut ini adalah beberapa topologi jaringan yang ada dan dipakai hingga saat ini, yaitu:
- Topologi Star
- Topologi Hierarchical/Tree
- Topologi Bus
- Topologi Ring
- Topologi Daisy Chain (Linear)
- Topologi Mesh dan Full Connect
- Topologi star.
Karakteristik dari topologi ini adalah node berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central node (Hub/Switch), Traffic data mengalir dari node ke central node dan diteruskan ke node tujuan. Jika salah satu segmen kabel terputus, jaringan lain tidak akan terputus.
Keuntungan :
- Akses ke Station lain cepat.
- Dapat menerima workstation baru selama port di central node masih tersedia.
- Hub/Switch bertindak sebagai konsentrator
- Hub/Switch dapat disusun seri untuk menambah jumlah station yang terkoneksi di jaringan.
- User dapat lebih banyak dibanding topologi bus maupun ring.
Kerugian :
Bila traffic data cukup tinggi dan terjadi collision, maka semua komunikasi akan ditunda, dan koneksi akan dilanjutkan dengan cara random, apabila hub/switch mendeteksi tidak ada jalur yang sedang kosong (tidak dipergunakan) oleh node lain.
Gambar Topologi star
- Topologi Tree
Tidak semua stasiun mempunyai kedudukan yang sama. Stasiun yang kedudukannya lebih tinggi menguasai stasiun di bawahnya, sehingga jaringan sangat tergantung pada stasiun yang kedudukannya lebih tinggi dan kedudukan stasiun yang sama, disebut peer topology.
Gambar: Topologi Tree
- Topologi Bus
Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup, dimana disepanjang kabel dipasang node-node.Signal dalam kabel dilewati satu arah sehingga memungkinkan sebuah collision terjadi.
Keuntungan :
- Murah, karena tidak memakai banyak media dan kabel yang dipakai banyak tersedia dipasaran,
- Setiap komputer dapat saling berhubungan dengan langsung.
Kerugian :Sering terjadi hang/crass talk, yaitu bila lebih dari satu pasang node memakai jalur di waktu yang sama, harus bergantian atau ditambah relay.
Gambar: Topologi Bus
- Topologi Ring
Topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan data sangat cepat. Semua komputer saling tersambung membentuk lingkaran. Data yang dikirim diberi address tujuan sehingga dapat menuju komputer yang dituju.
Tiap komputer dapat diberi repeater (transceiver) yang berfungsi sebagai:Listen StateTiap bit dikirim dengan mengalami delay waktuTransmit StateBila bit berasal dari paket lebih besar dari ring maka repeater dapat mengembalikan kepengirim. Bila terdapat beberapa paket dalam ring, repeater yang tengah memancarkan,menerima bit dari paket yang tidak dikirimnya harus menampung dan memancarkankembali.Bypass StateBerfungsi menghilangkan delay waktu dari stasiun yang tidak aktif.Keuntungan :
- Kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat diatasi lewat jalur lainyang masih terhubung.
- Penggunaan sambungan point to point membuat transmission error dapat diperkecil
Kerugian :
- Data yang dikirim, bila melalui banyak komputer, transfer menjadi lambat.
Gambar: Topologi Ring
artikel di atas ini saya ambil dari :
materi : jaringan komputer yang disusun oleh :
Dahlan Abdullah
PERBANDINGAN ANTARA IPv4 DENGAN IPv6
TCP/IP merupakan salah satu protokol yang dapat mengatur node yang satu bisa berkomunikasi dengan node lainnya didalam
jaringan.Protokol butter akan berfungsi sebagai salah satu bahasa
yang dapat memperkomunikasikan komputer satu dengan yang lainnya.
Internet Protocol (IP) merupakan inti
dari protokol TCP/IP, dimana seluruh data yang berasal dari layer-layer
diatasnya harus diolah oleh protokol ini agar sampai ketujuan. Versi
Internet
Protocol yang sudah digunakan luas adalah IPv4.
Saat ini
ketersediaan IPv4 sudah hampir habis, untuk itu dikembangkanlah IPv6 dengan 128
bit address. Dalam pengembangannya, tentu saja terdapat banyak sekali perbedaan
antara IPv4 dengan IPv6 ini.
Perbedaan yang
paling terlihat tentu saja pada bentuknya. Pada IPv4 dengan panjang 32 bit
penotasiaannya dapat menggunakan angka desimal, sedangkan pada IPv6 dengan 128
bit tentu saja akan sangat sulit jika harus mengkonversinya kedalam desimal.
Untuk itu, IPv6 menggunakan bentuk hexadesimal.
Contoh :
·
IPv4 : 192.168.179.0 / 24
·
IPv6 : 2012:6F:: / 32
Dari penulisan
IPv6 diatas mungkin akan muncul pertanyaan, “Kenapa penulisannya bisa sangat
pendek?”. Begini, jadi sebetulnya penulisan yang sebenarnya seperti ini :
2012:006F:0000:0000:0000:0000:0000:0000
/ 32
Karena setelah
bit ke 32 semuanya 0, bisa detuliskan dengan dobel titik dua saja (‘::’).
Untuk lebih
memahaminya, kita bandingkan antara IPv4 dengan IPv6.
A.
Struktur
pengalamatan
·
IPv4
Pengalamatan IPv4 menggunakan 32 bit yang setiap bit
dipisahkan dengan notasi titik. Notasi pengalamatan IPv4 adalah sebagai
berikut:
XXXXXXXX.XXXXXXXX.XXXXXXXX.XXXXXXXX
Dimana setiap simbol X digantikan dengan kombinasi
bit 0 dan 1.
Misalnya:
10000010.11001000.01000000.00000001
(dalam angka biner)
Cara penulisan lain agar mudah diingat adalah dengan
bentuk 4 desimal yang dipisahkan dengan titik. Misal untuk alamat dengan
kombinasi biner seperti diatas dapat dituliskan sebagai berikut:
130.200.127.254
Penulis sudah menganggap teman-teman semua sudah
bisa mengkonversi dari bilangan biner ke desimal.
·
IPv6
Tidak seperti pada IPv4 yang menggunakan notasi
alamat sejumlah 32 bit, IPv6 menggunakan 128 bit. Tujuannya adalah agar alokasi
alamatnya lebih banyak. Jika pada IPv4 hanya 232 (4,5 x 1010),
pada IPv6 mecapai 2128 (3 x 1038).
Notasi alamat IPv6 adalah sebagai berikut:
X:X:X:X:X:X:X:X
Dalam bentuk biner ditulis sebagai berikut:
1111111001111000:0010001101000100:1011111001000001:1011110011011010:
0100000101000101:0000000000000000:0000000000000000:0011101000000000
Notasi alamat IPv6 dalam bentuk biner sengaja saya
tulis untuk menunjukkan betapa panjangnya alamat IPv6.
Agar lebih mudah diinget setiap simbol X digantikan
dengan kombinasi 4 bilangan heksadesimal dipisahkan dengan simbol titik dua
[:]. Untuk contoh diatas dapat ditulis sbb:
FE78:2344:BE43:BCDA:4145:0:0:3A
Sistem pengalamatan IPv6 dapat disederhanakan jika
terdapat beberapa angka "0" secara berturutan. Contohnya untuk notasi
seperti diatas dapat ditulis:
FE78:2344:BE43:BCDA:4145:0:0:3A --> FE78:2344:BE43:BCDA:4145::3A
Contoh lagi:
8088:0:0:0:0:0:4508:4545
--------> 8088::4508:4545
B.
Sistem
pengalamatan
·
IPv4
Sistem pengalamatan IPv4 dibagi menjadi 5 kelas,
berdasarkan jumlah host yang dapat dialokasikan yaitu:
- Kelas A : range 1-126
- Kelas B : range 128-191
- Kelas C : range 192-223
- Kelas D : range 224-247
- Kelas E : range 248-255
Tapi yang lazim dipake hanya kelas A,B dan C
sedangkan kelas D dipakai untuk keperluan alamat multicasting dan kelas E
dipake untuk keperluan eksperimental. Selain itu pada IPv4 dikenal istilah
subnet mask yaitu angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID
dan host ID, menunjukkan letak suatu host berada dalam satu jaringan atau lain
jaringan. Contohnya :
-
IP address: 164.10.2.1 dan 164.10.4.1
adalah berbeda jaringan jika menggunakan netmask 255.255.254.0, tetapi akan
jika netmasknya diganti menjadi 255.255.240.0 maka kedua IP address diatas berada
dalam satu jaringan. Caranya:
164.10.2.1 --> 10100100.00001010.00000010.00000001
255.255.254.0 --> 11111111.11111111.11111110.00000000
____________________________________
XOR
10100100.00001010.00000010.00000000 --> 164.10.2.0
Dan
164.10.4.1 --> 10100100.00001010.00001000.00000001
255.255.254.0 --> 11111111.11111111.11111110.00000000
____________________________________
XOR
10100100.00001010.00001000.00000000 --> 164.10.4.0
Operasi XOR
caranya adalah seperti penjumlahan, jika angka "1" jumlahnya genap
hasilnya "1" kalo jumlah "1" ganjil hasilnya "0"
(1+1=1, 1+0=0).
Terlihat hasil
operasi XOR dua IP address dengan netmask yang sama hasilnya beda berarti kedua
IP address tersebut berbeda jaringan. untuk contoh berikutnya yang menggunakan
netmask 255.255.240.0 silahkan coba sendiri.
·
IPv6
Pada IPv6 tidak dikenal istilah pengkelasan, hanya
IPv6 menyediakan 3 jenis pengalamatan yaitu: Unicast, Anycast dan Multicast.
- Alamat unicast yaitu alamat yang menunjuk pada sebuah alamat antarmuka atau host, digunakan untuk komunikasi satu lawan satu. pada alamat unicast dibagi 3 jenis lagi yaitu: alamat link local, alamat site local dan alamat global.
Alamat link local adalah alamat yang digunakan di dalam satu link yaitu jaringan local yang saling tersambung dalam satu level. Sedangkan alamat site local setara dengan alamat privat, yang dipakai terbatas di dalam satu site sehingga terbatas penggunaannya hanya didalam satu site sehingga tidak dapat digunakan untuk mengirimkan alamat diluar site ini. Alamat global adalah alamat yang dipakai misalnya untuk Internet Service Provider.
- Alamat anycast adalah alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat ini akan dikirimkan ke salah satu alamat antarmuka yang paling dekat dengan router. Alamat anycast tidak mempunyai alokasi khusus, karena jika beberapa node/interface diberikan prefix yang sama maka alamat tersebut sudah merupakan alamat anycast.
- Alamat multicast adalah alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya untuk node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat ini maka akan dikirimkan ke semua interface yang ditunjukkan oleh alamat ini. Alamat multicast ini didesain untuk menggantikan alamat broadcast pada IPv4 yang banyak mengkonsumsi bandwidth.
Tabel alokasi alamat IPv6 :
Alokasi
|
Binary
prefix
|
Contoh
16 bit pertama
|
Global
Unicast
|
001
|
2xxx atau 3xxx
|
Link
Local
|
1111 1110 10
|
FE8x -
FEBx
|
Site
Local
|
1111 1110 11
|
FECx - FEFx
|
Multicast
|
1111 1111
|
FFxx
|
Selain alamat diatas ada juga jenis pengalamatan lainnya diantaranya:
ARTIKEL INI SAYA AMBIL DARI SITUS:1. IPv4-compatible IPv6 address biasanya alamat ini digunakan untuk mekanisme transisi Tunelling. Format alamatnya sebagai berikut :
80 bits
16 bits
32 bits
0000 . . . . . . . . . . .0000
0000
IPv4 address
Contoh :ð 0:0:0:0:0:0:192.168.30.1 --> ::192.168.30.1 --> ::C0A8:1E012. IPv4-mapped IPv6 address biasanya digunakan untuk mekanisme transisi ISATAP.
80 bits
16 bits
32 bits
0000 . . . . . . . . . . .0000
FFFF
IPv4 address
Contoh :ð ::FFFF:192.168.30.1 --> ::FFFF:C0A8:1E013. IPv6 over ethernet digunakan untuk stateless autoconfiguration (pemberian alamat IPv6 secara otomatis tanpa memerlukan server yang memberi alokasi IP address, seperti DHCP tetapi tanpa server).Contoh :00:90:27:17:FC:0F/\/ \FF FEMaka alamatnya menjadi : 00:90:27:FF:FE:17:FC:0FKemudian diblok pertama bit ketujuh diinvers00:90:27:17:FC:0F|000000[0]0 bit yang dikurungi diinvers dari 0 --> 1Maka sekarang menjadi : 02:90:27:FF:FE:17:FC:0FAlamat tersebut adalah alamat IPv6 over ethernet.
http://cari-bagi.blogspot.com/2012/02/perbandingan-ipv4-dan-ipv6-jaringan_13.html
MEMBUAT JARINGAN DENGAN SWITCH HUB
A. TUJUAN
Dalam laporan kali bertujuan untuk membahas
kembali langkah-langkah praktek tentang
pembuatan jaringan dengan Switch Hub yang telah dilaksakan sebelumnya.
B. PEMBAHASAN
Switch hub merupakan salah satu alat yang
digunakan untuk menghubungkan jaringan yang bekerja pada lapisan 2 (MAC) dan juga pada protocol TCP/IP. Dan switch sendiri berfungsi
sebagai alat pembatasi domain collision, sehingga seberapa banyak jumlah
koneksi pun tidak akan mempengaruh penggunaan trafik jaringan. maka dengan demikian dalam perancangan jaringan sering menggunakan Switch Hub sebagai alat penghubung antara jaringan yang satu dengan yang lain. Dengan demikian
bagaimana proses membuat jaringan dengan Switch HUB, maka ikuti langkah-langkah berikut ini :
Langkah 1.
Buka packe Tracer, kemudian klik
aktifkan tombol Switches, lalu pilih
lagi switch 2950-24 yang ada di toll bar, lalu letakan di area kerja.
Langkah 2.
Pada langkah kedua ini, akan klik aktifkan pada tombol End Divice, lalu
pilih generic PC-PT yang ada di tool
bar, lalu tarik letak pada area kerja. Setalah itu klik satu kali lagi pada
generic PC-PT yang ada di tool bar, kemudia letakan pada area kerja.
Langka 3
Pada langkah ketiga ini akan melakukan
penghubung antara Switch dengan PC. Caranya Klik aktifkan pada tombol connections , pilih icon copper
Straight-through klik aktifkan
lalu taru di atas Switch yang sudah ada di area kerja, lalu kilik pilih
port fastEthernet0/1 klik lagi, lalu tarik dan hubungkan ke PC-PT
PC0 kemudian klik pilih fastEthernet lalu klik lagi. Dan lakukan hal
yang sama pada PC1.
Langkah 4
Di langka ke Empat ini, aka memberikan
nomor IP Addrees pada PC0 dan PC1. Caranya klik pada PC0 maka akan muncul kotak dialog PC0,
kemudian pilih tombol config lalu klik dan pilih lagi tombol fastEthernet klik,
dan selanjutnya adalah isi nomor IP pada
pada tabulasi IP Address : 192.168.1.1, kemudian klik pada tabulasi
subnet mask untuk memuncukan nomornya
yaitu : 255.255.255.0. dan lakukan hal yang sama pada PC1, tetapi nomor IP-nya
berbeda yaitu : 192.168.1.2 dan isikan pada tabulasi IP ddress.
Langkah 5
Pada langkah ke lima ini Akan menguji koneksi. Caranya klik pada tombol
desktop, lalu pilih icon command prompt lalu klik, maka akan muncul jendela command prompt. Dan ketik nomor
ping pada jendela command prompt untuk
melihat melihat hasilnya.
Langkah 6
Dalam langkah ke Enam adalah menambahkan PDU untuk melihat MAC Table. Caranya klik pada icon simple PDU,
kemudian letakan pada PC0 dan PC1.
Langka 7
Pada langkah ke tuju ini, akan melakukan simulasi pada PC dan Switch
untuk melihat hasil koneksi. Dan caranya klik aktifka pada icon inspect (I),
kemudian arahkan krusor pada Switch lalu klik maka akan muncul kotak dialog,
lalu pilih MAC Table, lalu klik maka
akan table MAC Table for Switch, kemudian lihat hasilnya jika table
tersebut sudah terisi maka
simulasi atau koneksi sudah berhasil. jika table tersebut belum
terisi berarti belum berhasil. Dan selanjutnya klik aktifkan lagi pada icon inspect (I), kemudian arah krusor ke
atas PC0 lalu klik maka akan kotak dialog kemudian pilih ARP Table lalu klik
maka akan muncul sebuah table, lalu
lihat hasilnya. Jika table tersebut sudah terisi dengan nomor IP Address dari
PC1 maka artnya koneksi sudah berhasil. Dan
selanjutnya adalah lalukukan hal yang sama pada PC1 untuk melihat
hasilnya.
Langkah 8
Untuk melihat animasi simulasi pengiriman PDU dengan
caranya adalah klik icon simulation
mode, lalu pilih lagi tombol auto capture/play, lalu lihat hasil asimulasi
pengiriman PDU.
C. TUGAS
Mengapa Switch Hub hanya mengenal MAC
Address PC 0 dan PC 1 dan tidak mengenal IP Address PC 0 dan IP Address PC 1?
Jawab:
Karena Switch HUB tidak terhubung langsung
ke PC generic sehingga tidak bisa
mengenal IP Address tersebut.
D.
KESIMPULAN.
Di Lihat
pada pembahasan di atas, maka
dapat simpulkan bahwa pembuatan jaringan dengan Switch Hub merupakan salah satu
alternative yang baik juga. karena Switch merupakan salah satu bagian dari jaringan yang dapat
berfungsi membatasi domail collision.
E.
LISTING
Terlampir ……………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar