JARKOM

PENGERTIAN KOMPUTER
Add caption

1.APA ITU KOMPUTER ?
pada dasarnya kata komputer ini berasal dari kata " TO COMPUTE" yang artinya menghitung. Jadi pada umumnya komputer disebut sebagai mesin hitung.Tetapi pengertian komputer, bukan hanya sekedar alat hitung saja. Tetapi komputer juga merupakan suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal(tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan operating system menurut program-program yang diberikan kepadanya.




Jadi bila diperhatikan definisi komputer tersebut mempunyai empat hal penting yang harus ada pada suatu komputer yaitu:
1. Alat pendukung elektronika
2. Storage internal
3. Sistem Operasi
4. Program.


2. APA PERBEDAAN HARDWARE DAN SOFTWARE ?

Hardware komputer  atau perangkat keras computer dan juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. 

Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
·         Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
·         perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
·          Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Macam-macam perangkat keras (hardware):
1. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
5. Printer
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
6. CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.
7. Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
9. Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

SEDANGKAN.....
Software atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatu instruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulis dalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalam penggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
      5. Bahana pemprograman (Programming Language)
Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:
1. Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatu perangkat komputer.Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras.Ada beberapa jenis sistem operasi di antaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya.Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,periksa sistem, dan sebagainya.
c. Bahasa pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasa BASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.

2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halaman web, hingga perangkat media player,dan sebagainya.Hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.Contoh: Wordstar, Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka, seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.Contoh:Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.
c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kata atau gabungan angka dan kata.Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, Microsoft Access, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer atau lebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger seperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.
f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalam bentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe, Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar), dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, smadav,Avira, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin, Bagle, MyDoom dan lainnya.

LIHAT PADA PENJELASAN DI ATAS, KITA DAPAT MENGAMBIL KESEMPULAN BAHWA:
perbedaan antara hardware dan software itu terletak pada konsepnya masing-masing.

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari tentang: 
  • Apa itu jaringan komputer yang sebenarnya? 
jadi untuk memahami dan mengerti jaringan komputer itu apa. marilah kita baca bersama-sama artikel berikut ini:
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer atau peralatan elektronik lain yang saling berhubungan satu sama lain, untuk membentuk suatu kesatua sistem. Dan sekumpulan komputer yang berhubungan itu, akan memungkinkan bahwa data dan informasi yang ada itu akan bisa berpindah ke satu sel jaringan ke sel jaringan yang lain.sehigga juga dapat memungkinkan bagi para penguna untuk saling bertukar informasi dan dokumen yang dimiliki atau di dapatkan oleh masing-masing penguna.Dan sisi lain, jaringan komputer juga sebagai salah satu atau alat komunikasi yang memungkinkan bagi penguna seluruh dunia untuk saling berkomunikasi, agar dapat bisa bertukar pendapat satu sama lain.dan kurang lebih itulah sedikit pengetahuan saya mengenai pengertian jaringan komputer.
  • Apa yang saja digunakan untuk membentuk suatu sistem jaringan komputer?
pada dasar jaringan komputer menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan komputer. Dan jaringan komputer juga memiliki sebuah istilah yang lebih spesifik menyebut "sel" jaringan komputer. Dan tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer minimal terdiri dari dua node sampai puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Pada saat artikel ini ditulis, jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hanya saja memang tidak semua orang mengetahui pengertian jaringan komputer itu sendiri. Padahal hampir di setiap perusahaan besar terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. dan lain pihak internet yang sering kita gunakan adalah sebuah jaringan komputer raksasa.
  • Apa fungsi dan tujuan jaringan komputer ? 
 Fungsi dari Jaringan adalah :
  • Membagi sumber daya
Jaringan computer dapat digunakan sebagai sarana untuk membagi sumber daya. Sumber daya tersebut bisa berupa printer, atau sumber daya berupa data-data, software. Dengan adanya jaringan computer maka sumber daya dapat dikurangi
  • Reliabilitas tinggi
Jaringan computer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Dengan demikian apabila computer salah satu computer rusak, data-data yang didalamnya hilang, kita masih dapat menggunaakan data yang tersimpan di computer lain.
  • Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan computer,perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu printer dapat di gunakan oleh lebih dari satu computer.
  • Sarana komunikas
Jaringan computer dapat dimanfaatkan untuk komunikasi misalkan memberikan pengumuman rapat kepada karyawan, jadi pimpinan tidak perlu repot mencetak pengumuman. Pimpinan tinggal mengirimkan pengumuman kepada karyawan dengan jaringan computer 
 
Tujuan   dari jaringan komputer adalah:
  1. Membagi sumber daya, misalnya membagi printer, CPU, memori, ataupun harddisk.
  2. Komunikasi, misalnya e-mail, instant messanging, chatting.
  3. Akses informasi, misalnya web browsing. ( http://ID .wikIPedia.org/wiki/Jaringan_komputer Menurut Lukas, berdasarkan arah transmisinya, komunikasi data mungkin berupa simplex, half-duplex, atau full-duplex. (Lukas,2006):.
  4. Simplex  Pada  simplex, signal hanya ditransmit satu arah saja dimana satu stasiun sebagai pemancar dan yang lainnya sebagai penerima. Pada sistem ini aliran data hanya dapat terjadi ke satu arah saja.
  5. .Half-duplex  Dalam operasi ini, kedua stasiun mungkin melakukan pengiriman, tapi tidak bisa bersamaan melainkan beroperasi gantian. Pada sistem ini aliran informasi dapat terjadi kedua arah tetapi tidak dapat bersamaan.  
  6. Full-duplex  Dalam operasi full duplex, kedua stasiun  mungkin mentransmisi secara serentak. Pada sistem ini aliran dapat terjadi kedua arah pada saat yang bersamaan. Sistem ini dapat terjadi hanya menggunakan sebuah saluran komunikasi data atau dengan menggunakan dua saluran komunikasi data.
  • Bagaimana menghubungkan jaringan komputer?
Untuk bisa menghubungkan komputer-komputer agar tercipta jaringan komputer, kita bisa menggunakan TCP/IP. TCP/IP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Pengertian TCP/IP adalah sekelompok protokol (protokol = kumpulan kode/angka) yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protokol TCP/IP. Karena menggunakan bahasa yang sama sehingga perbedaan jenis komputer dan sistem operasi di masing-masing komputer tidak menjadi masalah.
  • Apa jenis Jaringan Komputer?
Jaringan komputer bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jaringan komputer tersebut antara lain.
 1. LAN atau Local Area Network.
 2. MAN atau Metropolitan Area Network 
 3. WAN atau Wide Area Network

  •  http://itartikel.blogspot.com/2012/04/fungsi-jaringan-komputer.html
  • http://internet.artikel2.com/jaringan-komputer.htm

PENGERTIAN TOPOLOGI
Topologi Jaringan adalah susunan lintasan aliran data di dalam jaringan yang  secara fisik menghubungkan simpul yang satu  dengan  simpul lainnya.   
Berikut  ini adalah beberapa topologi  jaringan  yang ada dan dipakai hingga saat ini, yaitu:
  1. Topologi Star  
  1. Topologi Hierarchical/Tree 
  1. Topologi Bus 
  1. Topologi Ring 
  1. Topologi Daisy Chain (Linear)
  1. Topologi Mesh dan Full Connect
Pada bagian berikut ini kita akan membahas satu persatu topologi-topologi yang diatas itu.
  • Topologi star. 
Karakteristik dari topologi ini  adalah node berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central node (Hub/Switch), Traffic data mengalir dari node ke central node dan diteruskan ke node tujuan. Jika salah satu segmen kabel terputus, jaringan lain tidak akan terputus.
Keuntungan :
  •  Akses ke Station lain cepat. 
  • Dapat menerima workstation baru selama port di central node masih tersedia. 
  • Hub/Switch bertindak sebagai konsentrator
  • Hub/Switch dapat disusun seri untuk menambah jumlah station yang terkoneksi di jaringan. 
  • User dapat lebih banyak dibanding topologi bus maupun ring. 
Kerugian :
Bila traffic data cukup tinggi dan terjadi collision, maka semua komunikasi akan ditunda, dan koneksi akan dilanjutkan dengan cara random, apabila hub/switch mendeteksi tidak ada jalur yang sedang kosong (tidak dipergunakan) oleh node lain.
 Gambar Topologi star
  •  Topologi Tree
    Tidak semua stasiun mempunyai kedudukan yang sama. Stasiun yang kedudukannya lebih tinggi menguasai stasiun di bawahnya, sehingga jaringan sangat tergantung pada stasiun yang kedudukannya lebih tinggi dan kedudukan stasiun yang sama, disebut peer topology.
 Gambar: Topologi Tree
  • Topologi Bus 
Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup, dimana disepanjang kabel dipasang node-node.Signal dalam kabel dilewati satu arah sehingga memungkinkan sebuah collision terjadi. 
Keuntungan :
  • Murah, karena tidak memakai banyak media dan kabel yang dipakai  banyak tersedia dipasaran,
  • Setiap komputer dapat saling berhubungan dengan langsung.
Kerugian :
Sering terjadi hang/crass talk, yaitu bila lebih dari satu pasang node memakai jalur di waktu yang sama, harus bergantian atau ditambah relay.
 
 Gambar: Topologi Bus
  • Topologi Ring 
Topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan data sangat cepat. Semua komputer saling tersambung membentuk lingkaran. Data yang dikirim diberi address tujuan sehingga dapat menuju komputer yang dituju.


Tiap komputer dapat diberi repeater (transceiver) yang berfungsi sebagai: 
Listen State
Tiap bit dikirim dengan mengalami delay waktu 
Transmit State
Bila bit berasal dari paket lebih besar dari ring maka repeater dapat mengembalikan ke
pengirim. Bila terdapat beberapa paket dalam ring, repeater yang tengah memancarkan,
menerima bit dari paket yang tidak dikirimnya harus menampung dan memancarkan
kembali.
Bypass State
Berfungsi menghilangkan delay waktu dari stasiun yang tidak aktif.
  Keuntungan :
  • Kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat diatasi lewat jalur lainyang masih terhubung.
  • Penggunaan sambungan point to point membuat transmission error dapat diperkecil
  Kerugian :
  • Data yang dikirim, bila melalui banyak komputer, transfer menjadi lambat.



   Gambar: Topologi Ring
 artikel di atas ini saya ambil dari :

 materi : jaringan komputer yang disusun oleh :

Dahlan Abdullah

PERBANDINGAN ANTARA IPv4 DENGAN IPv6


  TCP/IP merupakan salah satu protokol yang dapat mengatur node yang satu bisa berkomunikasi dengan node lainnya didalam jaringan.Protokol butter akan berfungsi sebagai salah satu bahasa yang dapat  memperkomunikasikan komputer satu dengan yang lainnya. Internet Protocol (IP) merupakan inti dari protokol TCP/IP, dimana seluruh data yang berasal dari layer-layer diatasnya harus diolah oleh protokol ini agar sampai ketujuan. Versi Internet Protocol yang sudah digunakan luas adalah IPv4.

Saat ini ketersediaan IPv4 sudah hampir habis, untuk itu dikembangkanlah IPv6 dengan 128 bit address. Dalam pengembangannya, tentu saja terdapat banyak sekali perbedaan antara IPv4 dengan IPv6 ini.
Perbedaan yang paling terlihat tentu saja pada bentuknya. Pada IPv4 dengan panjang 32 bit penotasiaannya dapat menggunakan angka desimal, sedangkan pada IPv6 dengan 128 bit tentu saja akan sangat sulit jika harus mengkonversinya kedalam desimal. Untuk itu, IPv6 menggunakan bentuk hexadesimal.
Contoh :
        ·         IPv4 : 192.168.179.0 / 24
        ·         IPv6 : 2012:6F:: / 32
Dari penulisan IPv6 diatas mungkin akan muncul pertanyaan, “Kenapa penulisannya bisa sangat pendek?”. Begini, jadi sebetulnya penulisan yang sebenarnya seperti ini :
2012:006F:0000:0000:0000:0000:0000:0000 / 32
Karena setelah bit ke 32 semuanya 0, bisa detuliskan dengan dobel titik dua saja (‘::’).
Untuk lebih memahaminya, kita bandingkan antara IPv4 dengan IPv6. 

      A.    Struktur pengalamatan
        ·         IPv4
Pengalamatan IPv4 menggunakan 32 bit yang setiap bit dipisahkan dengan notasi titik. Notasi pengalamatan IPv4 adalah sebagai berikut:
    XXXXXXXX.XXXXXXXX.XXXXXXXX.XXXXXXXX
Dimana setiap simbol X digantikan dengan kombinasi bit 0 dan 1.
Misalnya:
   10000010.11001000.01000000.00000001  (dalam angka biner)
Cara penulisan lain agar mudah diingat adalah dengan bentuk 4 desimal yang dipisahkan dengan titik. Misal untuk alamat dengan kombinasi biner seperti diatas dapat dituliskan sebagai berikut:
    130.200.127.254
Penulis sudah menganggap teman-teman semua sudah bisa mengkonversi dari bilangan biner ke desimal.
        ·         IPv6
Tidak seperti pada IPv4 yang menggunakan notasi alamat sejumlah 32 bit, IPv6 menggunakan 128 bit. Tujuannya adalah agar alokasi alamatnya lebih banyak. Jika pada IPv4 hanya 232 (4,5 x 1010), pada IPv6 mecapai 2128 (3 x 1038).
Notasi alamat IPv6 adalah sebagai berikut:
       X:X:X:X:X:X:X:X
Dalam bentuk biner ditulis sebagai berikut:
1111111001111000:0010001101000100:1011111001000001:1011110011011010:
0100000101000101:0000000000000000:0000000000000000:0011101000000000
Notasi alamat IPv6 dalam bentuk biner sengaja saya tulis untuk menunjukkan betapa panjangnya alamat IPv6.
Agar lebih mudah diinget setiap simbol X digantikan dengan kombinasi 4 bilangan heksadesimal dipisahkan dengan simbol titik dua [:]. Untuk contoh diatas dapat ditulis sbb:
 FE78:2344:BE43:BCDA:4145:0:0:3A
Sistem pengalamatan IPv6 dapat disederhanakan jika terdapat beberapa angka "0" secara berturutan. Contohnya untuk notasi seperti diatas dapat ditulis:
 FE78:2344:BE43:BCDA:4145:0:0:3A --> FE78:2344:BE43:BCDA:4145::3A
Contoh lagi:
 8088:0:0:0:0:0:4508:4545 --------> 8088::4508:4545
      B.     Sistem pengalamatan
        ·         IPv4
Sistem pengalamatan IPv4 dibagi menjadi 5 kelas, berdasarkan jumlah host yang dapat dialokasikan yaitu:
  • Kelas A : range 1-126
  • Kelas B : range 128-191
  • Kelas C : range 192-223
  • Kelas D : range 224-247
  • Kelas E : range 248-255
Tapi yang lazim dipake hanya kelas A,B dan C sedangkan kelas D dipakai untuk keperluan alamat multicasting dan kelas E dipake untuk keperluan eksperimental. Selain itu pada IPv4 dikenal istilah subnet mask yaitu angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dan host ID, menunjukkan letak suatu host berada dalam satu jaringan atau lain jaringan. Contohnya :
    -          IP address: 164.10.2.1 dan 164.10.4.1 adalah berbeda jaringan jika menggunakan netmask 255.255.254.0, tetapi akan jika netmasknya diganti menjadi 255.255.240.0 maka kedua IP address diatas berada dalam satu jaringan. Caranya:
164.10.2.1 -->        10100100.00001010.00000010.00000001
255.255.254.0 -->  11111111.11111111.11111110.00000000
                   ____________________________________ XOR
                    10100100.00001010.00000010.00000000       -->   164.10.2.0
Dan
164.10.4.1 -->        10100100.00001010.00001000.00000001
255.255.254.0 -->  11111111.11111111.11111110.00000000
                               ____________________________________ XOR
                   10100100.00001010.00001000.00000000         -->   164.10.4.0
Operasi XOR caranya adalah seperti penjumlahan, jika angka "1" jumlahnya genap hasilnya "1" kalo jumlah "1" ganjil hasilnya "0" (1+1=1, 1+0=0).
Terlihat hasil operasi XOR dua IP address dengan netmask yang sama hasilnya beda berarti kedua IP address tersebut berbeda jaringan. untuk contoh berikutnya yang menggunakan netmask 255.255.240.0 silahkan coba sendiri.             
         ·         IPv6
Pada IPv6 tidak dikenal istilah pengkelasan, hanya IPv6 menyediakan 3 jenis pengalamatan yaitu: Unicast, Anycast dan Multicast.
  •      Alamat unicast yaitu alamat yang menunjuk pada sebuah alamat antarmuka atau host, digunakan untuk komunikasi satu lawan satu. pada alamat unicast dibagi 3 jenis lagi yaitu: alamat link local, alamat site local dan alamat global. 
     Alamat link local adalah alamat yang digunakan di dalam satu link yaitu jaringan local yang saling tersambung dalam satu level. Sedangkan alamat site local setara dengan alamat privat, yang dipakai terbatas di dalam satu site sehingga terbatas penggunaannya hanya didalam satu site sehingga tidak dapat digunakan untuk mengirimkan alamat diluar site ini. Alamat global adalah alamat yang dipakai misalnya untuk Internet Service Provider.
  •    Alamat anycast adalah alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat ini akan dikirimkan ke salah satu alamat antarmuka yang paling dekat dengan router. Alamat anycast tidak mempunyai alokasi khusus, karena jika beberapa node/interface diberikan prefix yang sama maka alamat tersebut sudah merupakan alamat anycast.
  •       Alamat multicast adalah alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya untuk node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat ini maka akan dikirimkan ke semua interface yang ditunjukkan oleh alamat ini. Alamat multicast ini didesain untuk menggantikan alamat broadcast pada IPv4 yang banyak mengkonsumsi bandwidth.
Tabel alokasi alamat IPv6 :


Alokasi

Binary prefix

Contoh 16 bit pertama


Global Unicast

001

2xxx atau 3xxx


Link Local

1111 1110 10

FE8x  -  FEBx


Site Local

1111 1110 11

FECx -  FEFx


Multicast

1111 1111

FFxx

Selain alamat diatas ada juga jenis pengalamatan lainnya diantaranya:
    1.      IPv4-compatible IPv6 address biasanya alamat ini digunakan untuk mekanisme transisi Tunelling. Format alamatnya sebagai berikut :


80 bits

16 bits

32 bits


0000 . . . . . . . . . . .0000

0000

IPv4 address

Contoh :
    ð  0:0:0:0:0:0:192.168.30.1 --> ::192.168.30.1 --> ::C0A8:1E01
      2.    IPv4-mapped IPv6 address biasanya digunakan untuk mekanisme transisi ISATAP.


80 bits

16 bits

32 bits


0000 . . . . . . . . . . .0000

FFFF

IPv4 address

Contoh :
    ð  ::FFFF:192.168.30.1 -->  ::FFFF:C0A8:1E01
   3. IPv6 over ethernet digunakan untuk stateless autoconfiguration (pemberian alamat IPv6       secara otomatis tanpa memerlukan server yang memberi alokasi IP address, seperti DHCP tetapi tanpa server).
Contoh :
00:90:27:17:FC:0F
                /\
              /    \
           FF   FE
Maka alamatnya menjadi : 00:90:27:FF:FE:17:FC:0F
Kemudian diblok pertama bit ketujuh diinvers
                00:90:27:17:FC:0F
                 |
000000[0]0 bit yang dikurungi diinvers dari 0 --> 1
Maka sekarang menjadi :    02:90:27:FF:FE:17:FC:0F 
Alamat tersebut adalah alamat IPv6 over ethernet.
ARTIKEL INI SAYA AMBIL DARI SITUS:
 http://cari-bagi.blogspot.com/2012/02/perbandingan-ipv4-dan-ipv6-jaringan_13.html


MEMBUAT JARINGAN  DENGAN SWITCH HUB
A.  TUJUAN
Dalam laporan kali bertujuan untuk membahas kembali langkah-langkah praktek tentang  pembuatan jaringan dengan Switch Hub yang telah dilaksakan sebelumnya.
B.   PEMBAHASAN
Switch hub merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang bekerja pada lapisan 2 (MAC) dan juga pada  protocol TCP/IP. Dan switch sendiri berfungsi sebagai alat pembatasi domain collision, sehingga seberapa banyak jumlah koneksi pun tidak akan mempengaruh penggunaan trafik jaringan. maka dengan demikian dalam perancangan jaringan sering menggunakan Switch Hub sebagai alat penghubung antara jaringan yang satu dengan yang lain. Dengan demikian bagaimana proses membuat jaringan dengan Switch HUB, maka ikuti  langkah-langkah berikut ini :
Langkah 1.
Buka packe Tracer, kemudian klik aktifkan  tombol Switches, lalu pilih lagi switch 2950-24 yang ada di toll bar, lalu letakan di area kerja.
Langkah 2.
Pada langkah kedua ini, akan klik aktifkan pada tombol End Divice, lalu pilih generic  PC-PT yang ada di tool bar, lalu tarik letak pada area kerja. Setalah itu klik satu kali lagi pada generic PC-PT yang ada di tool bar, kemudia letakan pada area kerja.
Langka 3
Pada langkah ketiga ini akan melakukan penghubung antara Switch dengan PC. Caranya Klik aktifkan pada tombol  connections , pilih icon copper Straight-through    klik aktifkan  lalu taru di atas Switch yang sudah ada di area kerja, lalu kilik pilih port fastEthernet0/1 klik lagi, lalu tarik dan hubungkan  ke PC-PT  PC0 kemudian klik pilih fastEthernet lalu klik lagi. Dan lakukan hal yang sama pada PC1.
Langkah 4
Di langka ke Empat ini, aka memberikan nomor IP Addrees pada PC0 dan PC1. Caranya klik pada  PC0 maka akan muncul kotak dialog PC0, kemudian pilih tombol config lalu klik dan pilih lagi tombol fastEthernet klik, dan selanjutnya adalah isi nomor IP pada  pada tabulasi IP Address : 192.168.1.1, kemudian klik pada tabulasi subnet mask  untuk memuncukan nomornya yaitu : 255.255.255.0. dan lakukan hal yang sama pada PC1, tetapi nomor IP-nya berbeda yaitu : 192.168.1.2 dan isikan pada tabulasi IP ddress.
Langkah 5
Pada langkah ke lima ini Akan menguji koneksi. Caranya klik pada tombol desktop, lalu pilih icon command prompt lalu klik, maka akan muncul  jendela command prompt. Dan ketik nomor ping  pada jendela command prompt untuk melihat  melihat hasilnya.
Langkah 6
Dalam langkah ke Enam adalah menambahkan PDU untuk melihat  MAC Table. Caranya klik pada icon simple PDU, kemudian letakan pada PC0 dan PC1.
Langka 7
Pada langkah ke tuju ini, akan melakukan simulasi pada PC dan Switch untuk melihat hasil koneksi. Dan caranya klik aktifka pada icon inspect (I), kemudian arahkan krusor pada Switch lalu klik maka akan muncul kotak dialog, lalu pilih MAC  Table, lalu klik maka akan table MAC Table for Switch, kemudian lihat hasilnya jika table tersebut  sudah terisi  maka  simulasi atau koneksi sudah berhasil. jika table tersebut belum terisi  berarti belum berhasil. Dan  selanjutnya klik aktifkan lagi pada  icon inspect (I), kemudian arah krusor ke atas PC0 lalu klik maka akan kotak dialog kemudian pilih ARP Table lalu klik maka akan muncul  sebuah table, lalu lihat hasilnya. Jika table tersebut sudah terisi dengan nomor IP Address dari PC1 maka artnya koneksi sudah berhasil. Dan  selanjutnya adalah lalukukan hal yang sama pada PC1 untuk melihat hasilnya.
Langkah 8
Untuk melihat  animasi simulasi pengiriman PDU dengan caranya adalah  klik icon simulation mode, lalu pilih lagi tombol auto capture/play, lalu lihat hasil asimulasi pengiriman  PDU.
C.  TUGAS
Mengapa Switch Hub hanya mengenal MAC Address PC 0 dan PC 1 dan tidak mengenal IP Address PC 0 dan IP Address PC 1?
Jawab:
Karena Switch HUB tidak terhubung langsung ke PC  generic sehingga tidak bisa mengenal IP Address tersebut.
D.      KESIMPULAN.
Di Lihat  pada  pembahasan di atas, maka dapat simpulkan bahwa pembuatan jaringan dengan Switch Hub merupakan salah satu alternative yang baik juga. karena Switch merupakan  salah satu bagian dari jaringan yang dapat berfungsi membatasi domail collision. 
E.       LISTING
Terlampir ……………………………
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar